Oleh: artacuakep | Juni 10, 2009

MANFAAT ROKOK AND RESIKO ROKOK UNTUK KESEHATAN

Manfaat Rokok…
01. Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok.
02. Menghindarkan dari perbuatan jahat karena tidak pernah ditemui orang yang membunuh, mencuri dan berkelahi sambil merokok.
03. Mengurangi resiko KEHIDUPAN BIAR CEPAT MATI .
Dalam berita tidak pernah ditemui orang yang meninggal dalam posisi merokok.
04. Berbuat amal kebaikan
Kalau ada orang yang mau pinjam korek api paling tidak sudah siap / tidak mengecewakan orang yang ingin meminjam.
05. Baik untuk basa-basi / keakraban; Kalau ketemu orang misalnya di Halte kita bisa tawarkan rokok. Kalau basa-basinya nawarin uang kan boros.
06. Memberikan lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan, pembuat asbak, pabrik kemasan dan perusahaan obat batuk.
07. Bisa untuk alasan untuk tambah gaji karena ada post untuk rokok dan resiko baju berlubang kena api rokok.
08. Bisa menambah suasana pedesaan/nature bagi ruangan ber AC dengan asapnya, sehingga seolah-olah berkabut.
09. Menghilangkan bau wangi-wangian ruang bagi yang alergi bau parfum.
10. Kalau mobil mogok karena busi ngadat tidak ada api, maka sudah siap api.
11. Membantu program KB dan mengurangi penyelewengan karena konon katanya merokok bisa menyebabkan impoten.
12. Melatih kesabaran dan menambah semangat pantang menyerah karena bagi pemula merokok itu tidak mudah; batuk-batuk dan tersedak tapi tetap iteruskan (bagi yg lulus).
13. Untuk indikator kesehatan; biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat.
14. Menambah kenikmatan: sore hari minum kopi dan makan pisang goreng sungguh nikmat. Apalagi ditambah merokok ! ( Rokoknya DJIE SAM SOE ) dan boleh pengasih lagi.
15. Tanda kalau hari sudah pagi, kita pasti mendengar ayam merokok.
Anti maling, suara perokok batuk berat di malam hari mujarab untuk mengusir penjahat.
16. Membantu shooting film keji, rokok digunakan penjahat buat nyundut jagoan yg terikat di kursi… “hahaha penderitaan itu pedih Jendral..!!! “
17. Film cowboy pasti lebih gaya kalo ngerokok sambil naek kuda, soalnya kalo sambil ngupil susah betul.
18. Teman bokek yg setia
19. Sebagai pengganti pelubang kertas saat emergency
20. Membuat awet muda, karena konon orang yang merokok berat belum sampai tua udah mati duluan karena kanker paru-paru. Fakta lain …sekitar 30% orang meninggal di dunia adalah perokok. 70%-nya bukan perokok..!!
Maka merokoklah agar masuk ke golongan yg lebih sedikit itu.

NEXT
Ini yang serius resiko ROKOK untuk KESEHATAN ???
Jika kamu tidak merokok atau belum pernah merokok, aku hanya bisa menyarankan, JANGAN PERNAH MULAI deh! JANGAN PERNAH COBA-COBA! Dan bagi yang udah biasa ngerokok, aku juga cuman bisa menyarankan, USAHAKAN JANGAN TERLALU BANYAK MEROKOK. Kenapa? Karena resikonya terlalu gede buat kesehatan. Emang sih udah banyak artikel-artikel yang menyarankan seperti itu, toh bukan membuat para perokok aktif berhenti, walaupun ada yang berhenti, namu bukan berhenti merokok tapi berhenti membaca artikel yang menuliskan tentang bahaya rokok (halaaah).Meski begitu postingan ini beda! Kenapa beda? Karena… (Baca ajah dulu sampai tamat gih, baru kamu akan tahu perbedaannya dari artikel-artikel sejenis yang menerangkan tentang rokok dan bahayanya) .

Tahu nggak mann? Rokok jenis apapun tidak aman, walaupun sang produsen menawarkan kadar Tar dan Nikotin yang rendah, SAMA SAJA! Nggak percaya?!?!? Buktinya… Setiap produsen rokok pasti mencantumkan resiko-resiko pada setiap kemasan bungkus rokok, “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN” iya kan? Berbeda dengan BIR atau Minuman beralkohol (miras, minuman keras), meski Islam mengharamkan tapi tidak ada kemasan yang mencantumkan BAHAYANYA. Tapi rokok! Meski hanya sebatas makruh alias tidak disukai atau dibenci tapi kemasannya jelas mencantumkan akan bahaya rokok tersebut. Cara terbaik untuk menjauhi resiko-resiko tersebut adalah dengan berhenti merokok! Jangan malah berhenti membaca artikel-artikel yang melarang merokok…! (Halaaah…) .

Jika kamu perokok aktif dan serius pengen berhenti merokok tapi masih butuh penjelasan lebih lanjut tentang bahaya rokok. Maka kamu sudah tepat membaca postingan inih, karena di bawah ini tercantum links yang berisi artikel-artikel tentang bahayanya rokok. Bagaimana sih cara berhenti merokok? Cara terbaik Berhenti Merokok? Adakah link-link yang berhubungan dengan cara berhenti merokok? Ataukah ada cara “hipnotis” untuk berhenti merokok? Apa saja bahaya rokok? Ada nggak metode berhenti merokok? Metode mudah untuk berhenti merokok? Atau mungkin, di era IT sekarang ini, ada nggak software untuk berhenti merokok? Software berhenti merokok? Bahaya rokok bagi anak-anak, apa saja? Bagaimana cara menjauhkan rokok dari anak-anak? Dampak negatif rokok pada remaja? Dampak negatif rokok bagi semua? Dampak buruk rokok? Kampanye anti rokok? Artikel-artikel pada links di bawah bagus juga buat yang meneliti atau membuat makalah tentang rokok. Semoga bermanfaat!

JUTAAN ANAK INDONESIA ADALAH PEROKOK PASIF

1. CASE PREVIEW :
Kisah tragis dengan kaum perokok sontoloyo
Malam minggu yang cerah itu sempat kami makan malam di sebuah food court di mall Ambassador di Jakarta Pusat. Saat kami sedang menikmati makan malam, keceriaan kami sekeluarga diganggu oleh batuk-batuk kecil istri saya akibat asap rokok yang dikepulkan dari meja sebelah. Dengan gerakan demonstratif sambil terbatuk-batuk tangannya mengibas-ngibaskan asap rokok yang dikepulkan sepasang kekasih perokok di sebelah meja kami. Tampaknya “sindiran sopan” tersebut tampaknya tidak diindahkan, bahkan kepulan asap rokok tersebut semakin demonstratif mengepul ke udara.

Dengan hati panas kepala dingin kami menghardik dengan “sopan” : “mas, tolong dong rokoknya dimatikan, anak dan istri saya adalah penderita asma. Tetapi apa jawab sepasang kekasih yang sedang dimadu asmara tersebut: “loh ini khan bebas merokok coba bapak lihat di sekeliling meja kita khan merokok semua”. Dengan muka merah dan kepala dingin kami sambar jawaban itu, “lho khan di seberang situ khan ada ruang kaca tempat merokok”.

Meskipun akhirnya rokok itu dimatikan hati ini dongkol juga. Ngga tahu kenapa hari itu kesabaran saya diuji. Biasanya tangan harus menggebrak meja, akhirnya menjadi batal. Mungkin niat itu teredam setelah melihat 5-7 orang ternyata juga merokok di sekeliling meja yang memang daerah bebas rokok tersebut. Tampaknya akal sehat masih memenangi dalam melawan emosi menghadapi kebodohan kaum perokok durjana itu. Akhirnya dengan ihlas istri saya mengajak pindah ke tempat duduk lain, di beberapa baris seberang lokasi sebelumnya. Tak ayal lagi setali tiga uang di lokasi baru itu juga ada beberapa gelintir perokok sontoloyo juga.

Saat itu juga timbul keinginan untuk mengadakan survey kilat (hari Sabtu tanggal 18 Oktober 2008, pukul 18.00) di foot court mall ambassador Jakarta Pusat

2. INDONESIA KONSUMEN ROKOK LIMA BESAR DUNIA
Survey WHO menemukan lima juta orang meninggal setiap tahun karena penyakit degeneratif akibat rokok, seperti kangker paru dan jantung koroner, di indonesia sendiri, survei demografi Universitas Indonesia mencatat 427.948 orang meninggal setiap tahun akibat penyakit yang dipicu konsumsi rokok.

Besarnya angka itu tak lepas dari tingginya konsumsi rokok di republik ini. dalam daftar negara konsumen rokok terbesar 2002, indonesia berada pada posisi kelima dunia dengan konsumsi 208 miliar batang per tahun. indonesia hanya kalah dari negara-negara kaya seperti tiongkok yang melahap 1.634 triliun batang, amerika dengan 451 miliar batang, jepang dengan 328 miliar batang, dan rusia 258 miliar batang.
Dengan tingkat konsumsi tersebut, tak heran bila 69% pria di indonesia adalah perokok aktif, angkat itu tertinggi di asia, seperti tiongkok yang 53,4%, india 29,4% dan thailand 39,3%. tingginya konsumsi rokok suatu negara berbanding lurus dengan tingkat kematian warganya. ini tak lain karena dalam sebatang rokok ditemukan lebih dari 4 ribu kimia berbahaya dan 43 zat pemicu kanker. dalam sebatang rokok sepanjang telunjuk itu!. hampir separonya berisi zat beracun seperti hidrokarbon, karbon monoksida, logam berat, tar, dan nikotin yang memicu kecanduan .

3. 43% ANAK INDONESIA MENJADI PEROKOK PASIF
Hal lain yang mengkhawatirkan adanya sinyalemen yang diungkapkan menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta Swasono. Bahwa 43 persen anak-anak di Indonesia merupakan perokok pasif. Temuan yang menyesakkan ini disampaikan dalam pidato sambutannya di acara peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Istana Negara Jakarta.

Anak adalah nyawa yang tak berdaya. Tak berdaya untuk menghindar dari ancaman kesehatan yang tidak disadari menguntitnya setiap saat. Hanya karena kebodohan orang dewasa, terjadi penelantaran hak anak secara tersembunyi. Bila temuan ini tidak dicermati, banyak nyawa manusia Indonesia 20-40 tahun lagi yang akan berpenyakit dan meninggal hanya karena menjadi perokok pasif. Bila Kaum perokok yang egois dan tidak bermoral itu terus merokok di sekitar bayi dan anak, maka tidak bisa dibayangkan lagi bagaimana kulitas hidup anak Indonesia sebagai generasi penerus bila setiap hari harus terpapar asap rokok.

Tumbuh dan berkembangnya anak yang terpapar rokok akan berbeda dengan yang tidak terpapar. Karena berbagai masalah kesehatan pasti akan timbul bila hal itu terus terjadi.
Wahai para perokok, tahukah kamu akan kondisi yang ada sekarang ini. Kalau kamu tetap bersikeras merokok dan tidak sadar, manusia disekelilingmu tidak akan memaksa kamu karena itulah hak kamu. Akhirnya mungkin dengan kehabisan kesabaran kita semua, keluar kata mutiara : “Bahwa kami semua tidak peduli akan peduli lagi nasib kamu yang akan mati karena rokok” tetapi kami sangat peduli tentang nyawa jutaan anak Indonesia yang terancam. Mereka adalah nyawa yang tak berdaya untuk menghindar dari kebodohan dan kecerobohan kaum perokok.

Jangan korbankan jutaan nyawa tak berdaya, ikut terperosok dalam bahaya asap rokok. Meski aturan hukum ada, ternyata pemerintah adalah sebuah macan ompong yang hanya perkasa dalam membuat aturan dan hukum, tetapi loyo dalam penegakkan aturan. Hal inilah yang mebuat kaum perokok dengan seenaknya merokok di tempat umum. Sadarlah wahai prokok, sebelum karma Tuhan akan menggerus kesombongan dan kebodohan kamu semua. Tetapi insya Allah anak Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan. Mudah2an dalam ketidakberdayaannya anak Indonesia diberi kekuatan untuk menangkal jahatnya asap rokok dari kaum sontoloyo itu.

4. Dalam lokasi tempat AC tertutup dengan jumlah sekitar 110 orang di blok food court tersebut, terdapat 25 perokok di antaranya 20 perokok laki-laki, 5 perokok perempuan. Di antara 110 orang yang ada di daerah tersebut terdapat 5 wanita hamil tua, 3 bayi dan 42 anak balita. Dari 25 perokok itu, terdapat 10 perokok yang didampingi anaknya, bahkan 1 perokok didampingi istrinya yang sedang hamil. Sayangnya ibu dengan kehamilan muda tidak bisa disurvey.

Cerita sederhana itu menunjukkan bahwa dari 85 perokok pasif itu separuhnya adalah anak balita dan wanita hamil. Kaum anak tak berdaya itu ternyata tidak terlindungi dari jahatnya asap rokok oleh negara, pemerintah daerah, orang disekitarnya bahkan oleh suami dan orangtuanya yang mendampinginya.

Cerita kelu itu menggugah saya untuk melakukan upaya melawan ketidak beresan kaum manusia perokok sontoloyo yang dapat menghancurkan kesehatan dan nyawa sesama manusia bahkan keluarganya sendiri. Malam itu juga di rumah saya langsung membuat satu blog khusus dengan judul “SAVE CHILD FROM SMOKERS” (http://savechildfromsmokers.blogspot.com/)
Pengalaman pahit itu menyadarkan saya dan terobsesi untuk menggerakkan masyarakat Jakarta untuk melawan para perokok itu dengan damai. Bahkan dengan diskusi singkat dengan anak sulung saya yang baru kelas 7, sepakat untuk ikut menggerakkan teman-temannya berkampanye melawan keadaan ini.

Gerakan tersebut dapat berupa edukasi dan informasi melalui media elektronik dan internet ataupun turun lapangan langsung mengingatkan berbagai pihak untuk ikut menuntaskan masalah itu. Upaya kecil ini, mudah2an dapat sedikit memberikan kontribusi dalam membantu melindungi anak Indonesia dari paparan rokok. Bila ada yang tergerak dengan upaya ini dapat berkontribusi berupa saran dan pemikiran ke http://savechildfromsmokers.blogspot.com/.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: