Oleh: artacuakep | Juni 10, 2009

Miss INDONESIA 2009 , KESULITAN BERBAHASA INDONESIA

Miss Indonesia 2008 asal Jawa Timur, Sandra Angelia, resmi memindahkan mahkotanya kepada pemenang Miss Indonesia 2009 Kerenina Sunny Halim. Juara kali ini adalah lulusan homeschooling dari Amerika Serikat yang masih sulit melafalkan bahasa Indonesia.

Miss INDONESIA 2009 , KARENINASENYUM Nina -sapaan Kerenina- begitu mengembang ketika duet MC Tantowi Yahya dan Kartika Indah Pelapory menyebutkan namanya sebagai juara Miss Indonesia 2009 di Jakarta Convention Center Jumat malam (5/6). Sejurus kemudian, Sandra Angelia bersama Ksenia menyematkan mahkota buatan UBS, Surabaya, yang menjadi simbol ratu kecantikan kepada Miss asal DKI Jakarta kelahiran Jakarta, 13 Juni 1986, itu.

Berkali-kali Nina mengucapkan syukur dan terima kasih dalam bahasa Inggris. Itu sama seperti ketika dia menjawab berbagai pertanyaan dengan menggunakan bahasa Inggris saat menyisihkan finalis lainnya.

Meski menyandang status Miss Indonesia, Nina mengaku kesulitan berbahasa Indonesia. Pasalnya, sejak kecil dia lebih sering menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Ibunya berasal dari Montana, Amerika Serikat, sedangkan ayahnya, Halim (almarhum), asli Indonesia.

Meski begitu, Nina bertekad untuk secepatnya belajar bahasa Indonesia. Dia mengaku cinta bahasa negara sendiri dan tidak akan kesulitan saat mempelajarinya. “Bahasa Indonesia itu baik dan indah. Sangat mudah dipelajari,” janjinya setelah dinyatakan sebagai pemenang.

Siapa yang akan jadi guru bahasa Indonesia nanti? “Ibu saya. Dia orang Amerika, tapi sudah tinggal di Indonesia 30 tahun,” ujarnya. Sayang, ibu kandung Nina enggan diwawancarai. Bahkan, saat ditanya namanya, perempuan berkacamata itu menolak. “Mama memang tidak ingin disebut namanya. Beliau orang sosial, tidak perlu disebut-sebut,” kata artis Steve Emmanuel, kakak kandung Nina.

Menurut Steve, sejak level SD, Nina menjalani homeschooling di lembaga pendidikan asal Amerika Serikat, Homeschooling Christian Vocational Academy, yang dianggap orang tuanya memiliki basis agama kuat. Sekolah di rumah itu terus berlanjut sampai lulus diploma 3 dengan enam jurusan berbeda; public relations, sales and marketing, primary teaching, economics, performing arts, dan music and arts. “Dia memang pintar, semuanya lulus dalam waktu hampir bersamaan,” lanjut pemilik nama mualaf Yusuf Iman itu.

Menurut Steve, kurikulum sekolahnya itu berbeda dengan sekolah internasional yang ada di Indonesia sekalipun. “Sejak kecil, homeschooling karena ibu mencari sekolah yang bahasa Inggris, itu pertama. Kemudian, yang dasar agama Kristennya kuat. Ibu melihat semua sekolah internasional yang ada di Indonesia bukan sekolah agama, tapi sekolah sekuler,” ulasnya.

Atas dasar itu, ibu Nina tidak mau anaknya sembarangan sekolah. Sebab, menurut Steve, tujuan ibunya mendidik anak adalah agar memiliki pemahaman agama yang baik dan untuk bekerja sosial. Nina saat ini memang aktif kerja sosial di sebuah lembaga independen dan mengajar di salah satu SMP di Jakarta.

Selama sekolah, Nina jarang bersosialisasi dengan bahasa Indonesia. Sebab, menurut Steve, pergaulannya tidak sebebas anak sekolah kebanyakan. “Maka, dia belajar bahasa Inggris sangat cepat dan jarang bahasa Indonesia secara langsung. Belakangan langsung karena mulai ke Aceh dan ke masyarakat,” tuturnya.

Nina adalah anak keempat di antara enam bersaudara. Kakak kandungnya persis adalah Steve. Menurut Steve, baru dua tahun ini adiknya menjadi feminin. “Dulu tomboi dan lucu. Senang gulat, panco, renang, lari, main bola, sampai tempurung dengkulnya pernah harus dioperasi karena pindah ke belakang gara-gara jatuh main bola,” kenangnya.

Sebagai Miss Indonesia 2009, Nina menyatakan memiliki visi untuk memperkenalkan segala kebaikan Indonesia kepada dunia melalui ajang Miss World. (Sugeng Sulaksono/tia)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: