Oleh: artacuakep | Juni 20, 2009

SAMUEL RIZAL

Samuel Rizal (lahir di Jakarta, 26 November 1980; umur 28 tahun) adalah aktor dan pemain basket Indonesia.Nama pria yang bertinggi badan 183 cm ini melejit lewat film Eiffel I’m in Love.

Pria berdarah Padang, Ambon, dan Manado yang mengawali karirnya di klub Satria Muda sempat mewakili Indonesia pada kejuaraan three on three di Taiwan. Dia juga pernah terpilih sebagai anggota timnas yuniorSAMUEL RIZAL Indonesia. Berkat basket pula, putra pasangan Boetje S Arifin dan Wunoy Rolandy Luntungan ini berkenalan dengan dunia akting.

Apa kabarnya Samuel saat ini, apa saja kesibukannya, serta siapakah pacarnya saat ini? Berikut perbincangan tim indoseleb dengan Samuel Rizal yang dijumpai di Cassa Cafe, kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

IS: Sam ceritain dong sekarang lagi sibuk ngapain aja sih?

###SR: Sebenarnya dari Juni tahun lalu sampai Januari tahun ini lagi kerja terus nonstop, sekarang lagi libur 2 bulan aja. Paling cuma pemotretan dan premier film di Malaysia. Belum lama ini gue baru balik dari London dari sebuah acara Celebrity On Vacation, Cuma acara kaya gitu aja sih nggak sampai syuting full.

Awal karir lo kan dari basket, terus kenapa sih lo bisa berubah haluan ke dunia akting?

###SR: Sebenarnya bukan keputusan gue juga sih, tapi karena basket itu gue ketemu tim Dimas Jayadiningrat dan ditawari main film. Kalau gue bukan masalah kerjaan itu sifatnya di belakang atau di depan layar, tapi melihat kerjaan itu halal atau tidak dan gue mampu atau tidak. Jadi intinya gue main film karena takdir gue mungkin arahnya lagi kesitu.

IS: Saat ditawari main film, apa sebelumnya lo memang sudah bisa berakting?

###SR: Belum sih, tapi mereka menjelaskan, gue bisa main basket karena gue belajar, nggak otomatis langsung bisa, begitu juga akting kalau diajarin, gue diyakinin sama mereka pasti bisa juga.

IS: Awalnya ada kesulitan nggak saat pertama kali lo berakting?

###SR: Semua sama sih ya, ketika hal baru yang akan lo pelajarin pastinya jadi kaku pada awalnya. Tapi setelah 2 bulan digeber belajar akting pastinya ada perkembangan juga, meskipun bagi gue kualitas akting di film pertama gue itu masih kurang.

IS: Peran lo di film Tusuk Jaelangkung dan Eifel Im In Love adalah seorang cowok yang cuek dan dingin, apa itu emang sifat asli lo atau tuntutan produser?

###SR: Mungkin memang jalannya dikasih yang kaya itu dulu karena gue masih baru, nantinya seiring waktu berjalan mungkin gue dikasih peran yang lebih menantang lagi.

IS: Menurut lo sendiri peran yang paling menantang buat lo itu seperti apa?

###SR: Ada 2 peran yang gue anggap menantang, yaitu peran action/laga dan peran psycopat atau karakter yang diluar dari kepribadian gue sendiri.

IS: Apa sih perubahan yang lo rasain setelah menjadi pemain film?

###SR: Apa ya, paling kalau gue pergi ke suatu tempat ada orang yang negur, ajak ngobrol atau foto bareng. Selama ini sih gue enjoy aja dan gue meladeni mereka dengan baik.

IS: Pastinya lo pernah beradu peran dengan pemain film senior dong, pernah grogi nggak?

###SR: Ya itulah gunanya belajar, dari kita yang masih mentah dan mesti beradu akting dengan yang senior pastinya ada perasaan grogi. Tapi darisitu kita bisa belajar sehingga lain kali perasaan grogi semakin lama semakin berkurang.

SAMUEL RIZALIS: Karir lo di dunia film pastinya diikuti dengan pendapatan yang besar, biasanya penghasilan lo itu lo gunain untuk apa sih?

###SR: Ada beberapa bagian yang tidak bisa diganggu gugat atau istilahnya uang diam seperti menabung. Jadi gue paling gunain sebagian penghasilan itu untuk kebutuhan sehari-hari tanpa menggunakan uang tabungan, karena tabungan gue itu nanti ingin gue gunain untuk buka usaha dan beli rumah.

IS: Memangnya lo niat mau buka usaha apasih?

####SR: Apa aja sih, yang penting gue melihatnya itu low risk dan bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

IS: Ada isu yang berhembus, katanya kamu berhenti kuliah gara-gara keenakan main film?

###SR: Gue berhenti kuliah di D3 bukannya gara-gara itu, tapi karena memang dari kecil gue itu kurang suka sama yang berbau akademik, gue sukanya yang berbau outdoor, seperti les bahasa, interior pokoknya yang gue suka deh. Pokoknya yang berbau sertifikat aja deh nggak berbau title.

IS: Setelah main film layar lebar yang cukup meledak saat itu, pastinya nama lo mulai dikenal orang banyak dong, diantaranya kaum wanita. Ada pengalaman dikejar-kejar fans nggak?

###SR: Ada aja sih, tapi gue nggak manfaatin itu lah.

IS: Ada hal gila yang pernah dilakuin fans lo nggak?

###SR: Mereka hanya sebatas nyubit dan nunggu di depan rumah aja kok, nggak sampai psyco juga sih, dan mudah-mudahan jangan sampai ada yang kaya gitu.

IS: Kabarnya lo sudah setahun menjomblo, kok bisa lama sih, apa lo terlalu selektif cari cewek ya?

###SR: Kalau untuk pacar pastinya gue selektif, tapi kalau nggak punya pacar ya namanya juga cowok, gue sendiri juga nggak baik-baik amat dan nggak bandel-bandel amat. Pokoknya gue abu-abu dah.

IS: Peran lo di film selama ini selalu menjadi cowok macho dan cool, ada tidak hal yang lo takutin sehingga membuat lo merasa menjadi pengecut?

###SR: Dulu ada sih, tapi segera gue atasin. Sebelumnya gue takut terbang, pas gue dapet tawaran film Eifel Im In Love, otomatis gue kan harus terbang Jakarta-Paris, nah darisitu gue agak terbiasa. Selain itu gue dulu takut sama laut, tapi semenjak gue belajar diving akhirnya perasaan takut itu menghilang.

IS: Sekarang sudah mulai banyak pemain film muda yang bermunculan dan otomatis persaingan semakin ketat. Menurut lo sendiri, apa sih yang membedakan diri lo dari aktor lain, atau apa sih keunggulan lo?

SAMUEL RIZAL###SR: Gue kan bukan comedian yang harus punya ciri khas, pokoknya gue ngasih skill dan penampilan terbaik gue aja, jadi orang bisa melihat kulit dan innernya juga sama-sama bagus.

IS: Dengan banyaknya persaingan, ada yang bilang pamor lo merosot sekarang?

###SR: Kalau di bilang merosot ya memang siapa juga yang bisa bertahan selamanya. Kalau dengan banyaknya artis baru, gue tidak melihat itu sebagai persaingan, tapi regenerasi.

IS: Kalau lo sudah nggak berkarir di dunia akting lagi, apa yang akan lo lakuin?

###SR: Ya buka usaha, entah apapun itu yang penting menghasilkan. Saat ini sih masih tahap research aja untuk merealisasikannya ya segeralah pokoknya. Belum bisa dijelasin sekarang karena belum terealisasi.


Tinggalkan Balasan

Kategori

