Oleh: artacuakep | Juni 21, 2009

5 LANGKAH MENCEGA KANGKER PAYU DARAH

Kanker, ketika ditemukan dalam tahap awal memiliki kemungkinan besar untuk sembuh. Namun, seperti ujar-ujar, lebih baik mencegah daripada mengobati, tak pernah salah. Berikut adalah cara mencegah kanker payudara agar tak menggerogoti hidup Anda dan wanita lain yang Anda kasihi.

1. Hindari minuman beralkohol
Konsumsi alkohol, bahkan hanya sedikit ditengarai bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Banyak dokter merekomendasikan untuk menjauhi minuman anggur, bir, dan minuman keras lainnya. Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara minuman keras dengan kanker payudara.

2. Berolahraga setidaknya 3 kali seminggu (lebih sering, lebih baik)
Ketika Anda berolahraga, usahakan untuk menjaga tingkat detak jantung di atas garis dasar setidaknya 20 menit secara terus menerus. Jalan santai yang lama juga baik, namun olahraga keras (yang berkeringat) yang bisa membantu jantung Anda lebih sehat sekaligus mengurangi risiko kanker.

3. Pertahankan berat tubuh, kurangi berat tubuh jika berat Anda lebih dari normal
Bagi orang yang kelebihan berat tubuh, atau obesitas, apalagi untuk wanita yang sudah memasuki menopause, risiko kanker payudara akan meningkat, apalagi jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang signifikan ketika sudah dewasa.Sebuah studi yang dirilis bulan Maret 2008 dari para peneliti di University of Texas M.D. Anderson Cancer Center di Houston memperoleh temuan menarik. Wanita dengan kondisi obesitas dan kelebihan berat badan memiliki tingkat keselamatan dari kanker payudara lebih rendah dari yang berat badannya normal. Wanita dengan kondisi tersebut juga memiliki kemungkinan terkena penyakit agresif lainnya ketimbang wanita dengan berat badan rata-rata, maupun wanita kurus.

4. Rajin melakukan cek kanker payudara sendiri
Pastikan Anda mendapatkan instruksi yang jelas dan cukup dari dokter Anda mengenai cara dan teknik mengecek kanker payudara sendiri. Anda mungkin bisa mendapati benjolan sebelum cek mamogram, dan adalah ide yang baik untuk bisa mengikuti perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

5. Untuk yang berusia di atas 40 tahun, usahakan untuk mamogram setahun sekali
Mendapati tumor di tahap awal, ketika masih kecil menumbuhkan kemungkinan keselamatan secara signifikan. Tingkat kesembuhan bisa mencapai 98 persen untuk tahap awal, namun kemungkinan kesembuhan hanya berkisar 27 persen jika tingkatannya sudah tinggi dan besar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: