Oleh: artacuakep | Juni 24, 2009

ARTI MENYELURUH KEHIDUPAN

Seorang pemuda datang kerumah kira- kira usianya 20 tahunan, dan kuliah diperguruan tinggi. Semangatnya berapi-api motornya bagus mesin dan penampilannya. Yang ia pikirkan bagaimana agar meraih masa depan dan prestasi yang baik, menurut saya anda harus terus belajar, berprestasi negeri ini untuk anda dan andalah yang mewarisinya , mengangkat derajat kehidupan bangsa ini, anda harus tekun dan disiplin seluruh masa depan dengan pekerjaan, uang, kepuasan prestasi dan gadis akan menyambut anda, hidup sangat berarti dan harus dikejar sekuat kita, disinilah kebahagiaan , didunia inilah harapan dan kesenangan yang sangat lama.

Seorang Pak Tentara mungkin memandang hidup ini adalah kelangsungan bangsa ini, harus dipertahankan dari serangan musuh –musuh sampai titik darah penghabisan.

Seorang Ahli agama mungkin memandang hidup itu untuk ibadah, apapun yang baik itu ibadah, urip iki mampir ngombe, urip mung sedelo/hidup hanya sebentar…

Seorang pedagang burung dengan rombong dan burung murahnya di pasar setono betek Kediri bilang pada saya “enggih kulo pun 30 tahun ngawulo gusti, sadean peksi niki kulo sadermo nglampahi lakon”.,, rupanya hidup ini baginya pengabdian untuk mau dan selalu menjalaninya., .hidup terasa sulit baginya bohong sedikit tak apalah…
Seorang penderita sakit ginjal yang harus ganti cairan 3 kali sehari dan ngeri, baginya mungkin hidup adalah sangat berat, menderu –deru tak bisa diceritakan, hidupnya sangat singkat , berat sekali dan air matanya telah kering, …..hidup ini hanyalah singkat, harus dijalani benar-benar nerimo, pasrah kepada tuhan dan ihlas sepenuh hati hapuslah air matamu sahabat.
hamparan luas dikegelapan malam
Demikianlah orang memandang sebuah kehidupan yang berbeda beda, jika ajaran agama islam mengajarkan misalkan “ bekerjalah seolah-olah kamu hidup selamanya, dan berdoa sambil berbuat baik seolah-olah kamu mati besok pagi” hal ini melambangkan 2 sikap menjalani hidup, dan ada berbagai pandangan dan pengalaman yang berbeda walau sama-sama menjalani hidup….saya tidak mungkin mengatakan pada pemuda 20 tahunan bahwa hidup ini hanya sebentar mas, penuh kesengsaraan, maka tidak perlu bercita –cita yang tinggi..

Dalam oraganisasi atau mengatur suatu sekelompok orang agar bisa berjalan meraih tujuan yang sama maka dari beberapa pengetahuan yang berasal dari buku bahwa ada empat unsur yang diperhatikan dalam mengatur organisasi yaitu a. planning atau perencanaan yang baik, b. organizing: pengaturan yang baik, c. controlling atau pengawasan d. actuating atau penghargaan atau pengakuan.

Tetapi tidak itu saja yang perlu mendapat perhatian masih ada beberapa segi yang juga penting. Dulu semasa sering tampilnya Pak Ustad AA Gym dengan sering dilantunkan tentang managemen kalbu yang maksudnya agar manusia sendiri bisa mengatur hidup dan perilakunya yang tujuannya bisa meraih apa yang di cita-citakan dengan baik. Terpenting manusia adalah motivasi dalam dirinya yang harus digali kemudian ditemukan dan dijalani.

Tidak mungkin orang yang tidak mempunyai motivasi akan mau melakukan sesuatu yang berat dengan senang dan ringan, menurut Buddha bahwa orang yang telah hancur adalah orang yang telah hilang semangat hidupnya atau yang telah kehilangan motivasi hidupnya. Sering kita lihat tulisan atau kata orang misal contoh umum mungkin seseorang melakukan kegiatan spiritual yang tinggi didasari rasa “saya tidak ada tujuan apa-apa” .

Ada baiknya jika hidup itu dengan tujuan yang jelas dan motivasi yang besar pada diri sendiri akan membangkitkan kebangkitan diri, gantung kan cita-citamu setinggi langit, siapapun berkesempatan menjadi wali atau orang sidik, atau juragan kambing dan juga juragan semangka dll. Rommy Rafael bilang anda telah menyaksikan bagaimana kekuatan fikiran yang begitu hebat termasuk dalam diri anda, Karena energi didalam diri anda itu lah yang harus di gali dan ditemukan potensinya .

Kerusakan dunia ini terutama disebabkan perilaku manusia, karena manusia adalah mahluk penghuni utama dunia ini. Ada berbagai kerusakan dunia misalnya kerusakan alam lingkungan karena pencemaran, hidup yang boros bahan bakar , dan pengabaian aturan-kerja tentang amndal (analisis dampak lingkungan) di berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

Alam ini mengalami perubahan, dan perubahan di dunia ini digolongkan menjadi dua jenis yaitu pertama perubahan menjadi buruk yang “tidak bisa di perbarui” (irreversible) misalnya penguraian bahan bakar menjadi gas beracun diudara, hilangnya perbukitan karena pertambangan marmer , dan yang kedua adalah perubahan menjadi buruk tetapi “bisa diperbarui” (reversible) misalnya hutan yang telah gundul bisa ditanami kembali, sungai yang macet karena sampah penyebab banjir bisa dibersihkan di luruskan kembali.

Demikian juga manusia mempunyai perubahan-perubahan hidup dalam perbuatanya, ada yang bisa merubah diri menjadi baik ada yang sudah sejak lahir hingga mati tidak bisa berubah / merubah diri karena watak (kalau watuk / batuk masih bisa diobati kalau watak itu riti /marine nek mati atau tidak bisa diobati).

Bukan memandang dari kacamata agama apapun melainkan dari pandang kaca mata sendiri kebobrokan dilingkungan yang utama atau yang sering dilakukan oleh masyarakat disekitar kita adalah:
1. rebutan tahta / jabatan,
2. rebutan warisan / harta / keserakahan ,
3. perselingkuhan / melakukan seks bukan pada tempatnya dan penganiayaan istri,
4. mencuri dengan segala bentuknya atau berani mengambil yang bukan haknya.
5. tidak peduli lingkungan / kikir / hedonisme .
6. sombong dengan harta,
7. penipuan / akal bulus dengan segala bentuknya.

Dalam berbagai buku dan diskusi kita mengenal sebutan iblis dan setan . bila dalam kitab agama dan rosul yang dimaksud iblis adalah semacam mahluk halus yang tidak tampak/ghoib sedangkan yang disebut setan itu ada dua macam kadang yang dimaksud iblis itu mahluk ghoib yang telah menyesatkan Adam dan Hawa dari surga.

Yang jasad iblis ini dibuat dari bahan api. Tetapi yang dimaksudkan dengan setan itu juga manusia-manusia yang jahat yang pekerjaanya sama dengan pekerjaan iblis. Terhadap iblis dan setan yang bertubuh halus dan ghoib yang tidak bisa dilihat oleh mata maka tidak dapat yang bisa mempertahankan kita manusia daripadanya selain Tuhan.

Iblis dan setan dalam perlawanan terhadap manusia selalu menggunakan seluruh kekuatannya tanpa mengingat moral atau ahlak. Dalam ajaran islam diajarkan doa audzubillahi minasy syaitharirajiim (aku berlindung kepada tuhan dari godaan setan yang terkutuk). Setan yang ghoib tidak bisa dihadapi dengan senjata yang nyata melainkan bisa dihadapi dengan 3 kekuatan yaitu Iman, Isti’adzah, dan zikir.

Iman ialah kepercayaan dan keyakinan yang seteguh-teguhnya terhadap allah dan perngertian serta kesadaran yang sesempurna sempurnanya terhadap kekuasaan tuhan. Istiadzah ialah dengan iman tersebut diatas kita berlindung diri memohon perlindungan dari tuhan dengan perasaan dan kesadaran batin sedang dimulut kita mengucapkan ucapan permohonan perlindungan dari setan terkutuk. Sedangkan Dikir ialah menyebut mengingati dan menyadari akan tuhan, selama kesadaran kita mengingat/eling dan menyadari akan tuhan iblis dan setan tidak dapat berpengaruh apa-apa terhadap kesadaran akan akal kita .

Diceritakan ada dua pendeta kakak beradik yang bernama Pendeta Buana dan Pendeta Wisesa, Pendeta Buana bertempat tinggal disebuah kampung besar yang namanya Jembar Ngalah, Sedangkan Pendeta Wisesa bertempat tinggal di kampung kecil dengan nama Jaman Ngalah. Pekerjaan kedua bersaudara itu selama hidupnya hanyalah berpikir dengan Tanya jawab.

Tanya jawab itu dimulai dengan pertanyaan yang diajukan oleh Pendeta Wisesa yang kemudian oleh Pendeta Buana. Pertanyaannya berbunyai ,” Tatkala kita akan hidup didunia ini, bagaimana asal muasalnya dan bagaimana pula keluar dari orang tua kita”.

Menurut Pendeta Buana kita berada di 7 alam dan melalui jalan 7 alam ini kita akhirnya lahir ke dunia ini. Ke-7 alam ini ialah alam ahadiyat, alam wahdat, alam wahadiyat, alam arwah, alam ajam, alam misal, dan alam insane kamil. Jawaban Pendeta Buana itu disertai oleh penjelasan tiap-tiap alam itu dan diselingi serta diakhiri dengan nasihat-nasihat, misalnya, nasihat mengenai sikap kita terhadap anak yatim dan terhadap anak kita sendiri.indahnya malam

Selanjutnya yang bertanya Pendeta Buana, “apa yang akan ditempuh oleh orang yang akan meninggal dunia?”. Pendeta Wisesa menjawab bahwa jalan yang ditempuh oleh orang yang akan mati sama halnya dengan jalan yang ditempuh waktu akan lahir, yaitu 7 alam. Ke-7 alam itu melambangkan dalam badan kita sendiri, yaitu lidah, telinga, hidung, mata, kulit, otak, dan kemaluan. Selama hidup di dunia ini kita mengabdi kepada 7 anggota badan itu. Kesenangan hidup di akhirat nanti bergantung kepada penggunaan ke-7 anggota badan itu selama hidupnya. Apakah diabdikan untuk kepentingan duniawiyah saja atau diabdikan juga bagi kepentingan hidup diakhirat nanti.

Nasihat Pendeta Wisesa ialah jangan terlalu mementingkan kehidupan dunia saja agar hidup diakhirat nanti senang. Dalam menjawab pertanyaan diatas dikemukakan pula proses kematian, alam yang akan dimasuki sesudah kita mati, dan fungsi upacara-upacara tahlilan dan sedekah bagi yang meninggal dunia sejak hari pertama hingga hari ke-7 , ke-40, ke-100 dan sebagainya.

Pertanyaan ketiga diajukan oleh Pendeta Wisesa,”Apa yang dapat dibawa dari kehidupan di dunia ini bagi kehidupan di akhirat nanti?”. Pendeta Buana menjawab bahwa ada 5 hal pekerjaan di dunia yang dapat dibawa keakhirat seperti dilambangkan oleh rukun Islam. Ke-5 hal itu ialah apa yang dilakukan oleh mata, hidung, telinga,mulut, dan otak. Selanjutnya diterangkan mengenai rukun islam. Penjelasan itu diakhiri oleh nasihat bahwa kita perlu melakukan saling ajar-mengajar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: